Tiga Musuh Perubahan

Dalam mengarungi kehidupan ini acap kali kita terbelenggu oleh hal-hal yang membuat kita susah untuk berubah menjadi arah yang lebih baik bahkan kadang kita tidak berbuat apa-apa. Kalo boleh saya analogkan seperti ini:
Kubangan! Jika Anda amati kubangan, maka itu adalah simbul kemalasan. Airnya tidak bergerak, serta berangsur-angsur semakin kotor dan mengering. Manusia pun seperti itu. Jika tidak bergerak, maka akan cenderung semakin kotor dan tercemar rasa dan warnanya.
Kebangkrutan sebuah usaha, sering kali ditandai dengan fenomena yang sama, perilaku yang sama, pemikiran yang sama. Tidak kreatif dan berhenti. Mengapa ini bisa terjadi? Anda perlu mengenali musuh-musuh perubahan. Musuh yang dengan lembutnya membunuh potensi sejati manusia.

Musuh Pertama: Rutinitas
Jika anda menjalankan rutinitas, maka anda sedang membangun kebiasaan. Kebiasaan membangun kenyamanan dan kenyamanan menghentikan anda dari kegelisahan, sedang tanpa kegelisahan, maka siapapun akan lalai. Siapa yang lalai akan terkena krisis.
Rutinitas ini bisa berupa rutinitas fisik maupun berfikir. Berangkat pagi pulang petang. Berfikir dengan cara yang sama, dan selalu mendapat response dan feedback yang sama. Kemudian terbentuklah POLA. Jika rutinitas anda sudah sangat teratur, makanda sedang dibuai musuh perubahan yang akan membunuh anda dengan sangat lembut.
Bagaimana dengan sebuah organisasi? Ya! Sama saja! Rutinitas merupakan musuh lembut yang berbahaya. Jika kegelisahan positive tidak selalu dibangun, maka sudah pasti organisasi itu akan terlindas. Hanya ada dua pergerakan, baik individu maupun organisasi. Bertumbuh atau menuju kematianya. Amati baik-baik, apakah Anda sedang bertumbuh atau sedang menuju kematian yang sangat lembut.
Merubah pola kerja, pola berfikir dan menstimuli diri dengan ekspektasi yang lebih baik, akan membuat kegelisahan positive untuk diri kita, untuk bisnis kita. Orang berlatih lebih giat ketika mengetahui pesaingnya lebih bagus, orang juga akan bekerja lebih baik, ketika ancaman selalu mengikutinya.

Lihatlah sekitar anda! Lihatlah karyawan anda! Lihatlah diri Anda! Lihatlah pendapat pendapat Anda. Lihatlah rencana Anda. Apakah cenderung membangun rutinitas ABADI? Jika ya maka Anda sedang dikalahkan oleh sebuah kata yang memiliki koefisien Gesek yang paling tinggi terhadap laju perubahan. Yaitu RUTINITAS
Perhatikan team Anda.. Apakah mereka adalah raja-raja yang sedang membangun kenyamanan, designer rutinitas yang ulung dan musuh-musuh perubahan. Mereka adalah kabut yang menyelimuti pemikiran dan gerak laju perubahan, sehingga awarness organisasi terhadap perubahan semakin layu

Musuh Kedua: Resiko

Semakin besar keuntungan, semakin besar risiko yang bisa terjadi. Ini adalah rumusan pasti. Setiap keputusan pasti juga ada kandungan risikonya. Dan setiap perubahan adalah sebuah keputusan. Jadi tidak ada perubahan yang tidak mengandung risiko. Dengan Kata lain PERUBAHAN BESAR RISIKO BESAR.
Nah… inilah yang banyak menyelimuti logika orang. Ini pula yang membuat kebanyakan orang enggan dan takut melakukan perubahan. Jarang sekali orang berfikir PERUBAHAN besar KEUNTUNGAN BESAR. Dalam sebuah organisasi tentu semakin berat, karena perubahan dalam kebijakan apapun bisa merisikokan anggotanya. Dan Anggota yang sudah merasa nyaman dengan current condition, pasti akan melakukan penolakan-penolakan.
Kekawatiran inilah yang sering membuat benda kecil berbayang besar. Risiko-risiko selalu harus diambil. Orang yang tidak mau menanggung risiko, sebenarnya sedang merisikokan seluruh hidupnya. Pemimpin yang tidak berani mengambil risiko, maka dia sedang merisikokan seluruh bisnisnya, seluruh teamnya.

Musuh ketiga: Sejarah

Sejarah ini sering membelenggu seseorang untuk diam. Sedang perubahan yang dramatis kental dengan kata LONCAT, ESCAPE, GEDOR, GEMPUR, BABAT, BERONTAK, LAWAN kemudian dengan kata-kata membangunya TEGAKKAN, TEGUH, PANTANG MENYERAH, BANGUN, RAWAT.
Sejarah masa lalu sering kali membelenggu seseorang untuk tetap dan statis. Ayahnya Tukang Cendol, maka sang anakpun belajar menjadi tukang cendol dan berjualan cendol. Itu Sejarah. Kalau penjualan produk A tahun lalu 500 Juta, maka tidak akan berani menulis target 2 M. Ini adalah belenggu sejarah
Kalau penghasilan sekian tahun yang lalu adalah 10 Juta per bulan, maka tidak berani untuk LONCAT ke 10 Juta per 2 Jam. Ini adalah belenggu sejarah, yang sama jahatnya memusuhi perubahan.
Waspadai tiga musuh perubahan ini, dia akan lembut memperlakukan anda, agar selalu seperti yang sekarang ini. Dia akan mematikan alarm anda agar tetap nyaman, dia akan membius team anda agar tidak berani mengambil risiko. Dia akan menina bobokkan seluruh team anda dalam rutinitas yang nyaman dan mematikan.
Bangunlah kegelisahan POSITIVE pada diri anda, pada team anda, pada organisasi anda. Buatlah pertanyaan-pertanyaan yang empowering dan menstimuli perubahan perubahan, perbaikan perbaikan, improvement dan juga terobosan baru. Untuk kehidupan Anda, untuk kejayaan bisnis Anda.

4 comments:

Anonymous said...

wah, artikel yang sungguh bagus!
thanks for sharing...

btw, ni sumbernya darimana ya?

sprei anak said...

thanks for useful info and good

akhbar said...

terimakasih gan atas tips nya

cara mengatasi jantung koroner selain operasi said...

bener juga tuh gan

tapi bagaimana ya cara menghadapinya

Post a Comment

 
Kembali lagi ke atas